Hallo Pembaca setia Syahrul' Blog :D
Berhubung hari ini TS Ulang Tahun
TS kasih yang spesial deh :D (cie lah)
Pekerjaan ini juga salah satu cita" Admin :D
Masinis
Doa kan ya :D
Kesempatan kali ini kita akan membahas Masinis.
Kesempatan kali ini kita akan membahas Masinis.
Masinis adalah orang yang menjalankan rangkaian kereta api. Kata masinis sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa Belanda yang berbunyi
machinist yang artinya adalah juru mesin/api. Hal ini dikarenakan, pada masa awal
perkereta apian dunia, juru mesinlah yang bertugas untuk menjalankan rangkaian lokomotif. Pada masa-masa awal, belum ada kereta api seperti yang ada sekarng ini, kereta
dengan menggunakan mesin diesel ataupun listrik. Yang ada hanyalah lokomotif uap dimana
tugas dari masinis adalah mengatur suhu tungku, menjaga api, serta mengisi air dll.
Dengan perkembangan tekhnologi perkereta apian, tugas masinis tidaklah seberat seperti
masa awal perkereta apian. Dengan ditemukannya tekhnologi diesel dan listrik, maka tugas masinis pun hanya sebatas tanggung jawab menjaga keselamatan penumpang dan
rangkaian kereta api. Hal ini berkaitan langsung dalam pengoperasian kereta api seperti,
menjalankannya, mengerem, berhenti, berjalan perlahan, mematuhi rambu-rambu/semboyan kereta api.
Nah, untuk menjadi seorang masinis itu tidaklah yang semudah kita bayangkan. Karena untuk mengemban tugas dan posisi yang stategis (berkaitan langsung dengan aset perusahaan dan juga keselamatan jiwa para penumpang) maka ada beberapa tahapan danseleksi yang dilakukan oleh PT KAI. Biasanya
seorang yang telah dinyatakan lulus sebagai masinis tidaklah langsung diperbolehkan menjadi masinis itu sendiri, tapi harus masih menjadi asisten masinis. Pendidikan masinis dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT
KAI) di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) "Darman Prasetyo" di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo Yogyakarta.
machinist yang artinya adalah juru mesin/api. Hal ini dikarenakan, pada masa awal
perkereta apian dunia, juru mesinlah yang bertugas untuk menjalankan rangkaian lokomotif. Pada masa-masa awal, belum ada kereta api seperti yang ada sekarng ini, kereta
dengan menggunakan mesin diesel ataupun listrik. Yang ada hanyalah lokomotif uap dimana
tugas dari masinis adalah mengatur suhu tungku, menjaga api, serta mengisi air dll.
Dengan perkembangan tekhnologi perkereta apian, tugas masinis tidaklah seberat seperti
masa awal perkereta apian. Dengan ditemukannya tekhnologi diesel dan listrik, maka tugas masinis pun hanya sebatas tanggung jawab menjaga keselamatan penumpang dan
rangkaian kereta api. Hal ini berkaitan langsung dalam pengoperasian kereta api seperti,
menjalankannya, mengerem, berhenti, berjalan perlahan, mematuhi rambu-rambu/semboyan kereta api.
Nah, untuk menjadi seorang masinis itu tidaklah yang semudah kita bayangkan. Karena untuk mengemban tugas dan posisi yang stategis (berkaitan langsung dengan aset perusahaan dan juga keselamatan jiwa para penumpang) maka ada beberapa tahapan danseleksi yang dilakukan oleh PT KAI. Biasanya
seorang yang telah dinyatakan lulus sebagai masinis tidaklah langsung diperbolehkan menjadi masinis itu sendiri, tapi harus masih menjadi asisten masinis. Pendidikan masinis dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT
KAI) di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) "Darman Prasetyo" di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo Yogyakarta.
BPTT Darman Prasetyo
Kurikulum pendidikan masinis mencakup: Dasar Kewiraan, Kursus Pra Jabatan, Pengenalan
lapangan, Pendidikan dan pelatihan teknis fungsional serta praktik lapangan dan proses magang.
Simulator para calon Masinis
Seorang calon Masinis juga mendapat pendidikan disiplin ala militer selama satu minggu di Magelang. Dalam menjalankan tugasnya, masinis hanya
diperbolehkan membawa rangkaian kereta api selama empat jam. Hal ini dikarenakan untuk menjaga daya tahan dan konsentrasi dari masinis itu sendiri (bisa dibayangkan kalau
harus membawa dari Jakarta ke Surabaya nonstop). Untuk mengurangi resiko kecelakaan
dan human eror, maka setiap empat jam sekali masinis wajib berganti giliran di stasiun yang
sudah ditentukan.
Saat masinis satu turun dari kabin lokomotif, maka posisinya akan digantikan oleh masinis lain dari daerah operasi wilayah tersebut, menuju daerah operasi selanjutnya. Nah, untuk masinis yang turun tadi, dia akan menunggu kereta api selanjutnya ke arah balik stasiun awal masinis tadi berangkat membawa rangkaian kereta api. Dan seperti itulah seterusnya, jadi hanya empat jam kerja saja. Tapi empat jam itu akan terasa berat karena tanggung jawab yang ada dipundak para masinis itu sendiri.
- Saat kecelakaan
Setiap kali terjadi kecelakaan kereta api yang belakangan bertambah sering pihak pertama yang dijadikan tertuduh adalah
masinis. Maklum, sosok satu ini
merupakan pengendali utama jalannya kereta api sehingga dianggap menjadi penanggung jawab utama. Beban masinis
kian berat dengan adanya stereotip di masyarakat, terutama tentang operasional moda transportasi darat (misalnya tentang sopir mabuk atau ugal-
ugalan yang menjadi penyebab
kecelakaan).
Padahal, berbeda dengan sopir bus umum, sesungguhnya masinis memiliki cara kerja yang relatif berbeda. Dalam perannya sebagai pengatur kecepatan,
masinis memang serupa sopir. Namun, dalam operasional lainnya, masinis sangat bergantung kepada banyak hal,
mulai dari pengatur sinyal, kondisi
lokomotif (dan kereta api secara
keseluruhan), kondisi prasarana (seperti rel), hingga hal-hal yang berada di luar teknis. Kalau begitu, tepatkah tuduhan banyak
orang termasuk kalangan menteri
bahwa kecelakaan kereta api dipicu oleh ketidakandalan masinis? Dalam hal ini, Kementerian Perhubungan kemudian bertekad untuk memperketat pemberian sertifikat kompetensi masinis. Sedemikian
parahkah kondisi masinis kita?
Masinis sedang berkomunikasi dengan petugas stasiun
- Sertifikat
Sertifikat kompetensi yang dimiliki, sebenarnya, bukanlah jaminan bagi calon masinis bisa men-jalankan kereta api. Soalnya, mereka harus terlebih dahulu memiliki surat izin mengemudi (SIM). Berdasarkan informasi dari Majalah Kereta Api, November 2008, jika sudah bisa menjalankan lokomotif secara lancar, para calon akan mendapat SIM T.63 yang
merupakan tanda resmi menjadi asisten masinis.
Untuk dapat menjadi seorang masinis seutuhnya dan dapat membawa lokomotif dengan andal, para calon diharuskan belajar jalan atau lintas selama tiga bulan. Mereka juga harus
berbekal kecakapan lain yang diwajibkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007.
Jika dinilai mampu, terdapat dua jenis SIM yang bisa didapatnya, bergantung kepada kelas kereta api yang akan dijalankannya. Pertama adalah SIM T.62, untuk masinis langsir dan kereta api
berkecepatan maksimum 45 kilometer per jam. Kedua adalah SIM T.62A yang diperuntukkan bagi kelas masinis yang
mengoperasikan lokomotif besar dengan kecepatan di atas 45 kilometer per jam.
Memiliki SIM tersebut juga belum
menjamin masinis bisa menjalankan kereta api sepenuhnya karena mereka
terlebih dahulu harus memiliki BV (Baan Vakt) surat izin melewati lintasan tertentu. Biasanya, BV ini dikeluarkan oleh tiap-tiap daerah operasional (daops). Misalnya, masinis Daops 1 Jakarta tidak
diperbolehkan melintasi Daops 3 Cirebon jika tak memiliki BV Daop 3. BV ini berkaitan erat dengan pengenalan lintasan yang dimiliki seorang masinis.
Selain harus menjalani proses
administratif tersebut, masinis juga mesti menaati standar operasional dan prosedur saat bertugas. Salah satunya
terhadap alat strategis yang dinamakan deadman pedal. Alat mungil itu berfungsi sebagai alarm bagi kesadaran masinis
dalam mengatur kecepatan kereta api.
Deadman pedal harus diinjak masinis selama menjalankan kereta api, umumnya dengan sistem 90/30 . Artinya, pedal
tersebut memiliki set waktu 90 detik diinjak dan 30 detik dilepas. Sepanjang perjalanan kereta api, masinis harus melakukan itu (90 detik menginjak pedal dan 30 detik pedal dilepas) secara
berulang-ulang. Jika masinis tidak menggubris mekanisme tersebut, deadman pedal akan memerintahkan alarm di kabin masinis berbunyi. Jika tetap diabaikan, deadman pedal akan
melakukan tugas keduanya, melakukan pengereman otomatis hingga kereta api berhenti total.
Dengan begitu banyaknya kontrol keamanan untuk masinis kereta api, sejak proses perekrutan hingga operasionalnya, lantas logiskah jika masinis menjadi tertuduh utama setiap musibah kecelakaan terjadi? Menurut sejumlah pakar transportasi, banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan kereta api.
Beberapa di antaranya adalah sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta penyebab-penyebab lain (seperti bencana alam). Jarang sekali kecelakaan
disebabkan oleh penyebab tunggal.
Meskipun demikian, dari sekian banyak kecelakaan kereta api, peluang masinis untuk dijadikan tertuduh sangat tinggi, bahkan mendominasi. Silakan hitung
berdasarkan pemberitaan media massa. Jarang sekali tuduhan itu dialamatkan kepada sarana dan prasarana atau SDM lain, seperti kepala stasiun dan Direktur
Utama PT Kereta Api.
- Pengabdian abadi
Salah satu integritas yang tinggi
sebagai masinis telah ditunjukkan oleh para kru
Commuter line yang mengalami kecelakaan di Bintaro akhir tahun 2013 lalu. Bagaimana tidak,
dengan tanggung jawab yang tinggi mereka tetap berada di kabin masinis untuk menahan laju kereta dan menyuruh para penumpang yang ada di gerbong satu untuk mundur hingga ke gerbong ketiga (saya selalu terharu membaca cerita dan
dedikasi mereka sebagai masinis).
Senyum nya Kebahagian kami (RF)
Sekian posting an kali ini
Sampai jumpa di posting an selanjutnya :)
Terima kasih telah mengunjungi kami
Selamat beraktivitas kembali :)
Sampai jumpa di posting an selanjutnya :)
Terima kasih telah mengunjungi kami
Selamat beraktivitas kembali :)
Referensi :
- dipomojosari.blogspot.com/2014/01/tugas-dan-dedikasi-seorang-masinis.html?m=1
- https://ardiantono.wordpress.com/tag/masinis/
Sumber gambar :
- websta.me/n/ruswantara?npk=896427936919162194_537774962
- websta.me/n/dzulfiqaraf
- onlineinstagram.com/user/syaralubis/media/2
- www.iphoneogram.com/u/226172626?next=744779536291925327_226172626
- websta.me/n/keretaapikita?lang=id
# Catatan semua sumber dari Instagram.com
-
-
-
-
- dipomojosari.blogspot.com/2014/01/tugas-dan-dedikasi-seorang-masinis.html?m=1
- https://ardiantono.wordpress.com/tag/masinis/
Sumber gambar :
- websta.me/n/ruswantara?npk=896427936919162194_537774962
- websta.me/n/dzulfiqaraf
- onlineinstagram.com/user/syaralubis/media/2
- www.iphoneogram.com/u/226172626?next=744779536291925327_226172626
- websta.me/n/keretaapikita?lang=id
# Catatan semua sumber dari Instagram.com
-
-
-
-
Sama bro, aq juga mau jadi masinis. Semua pekerjaan ada risikonya, namun demi cita-cita aq rela jadi masinis kereta api.
BalasHapuswah, cakep artikelnya. Izin buat jadi bahan referensi tugas akhir yah. thx:)
BalasHapuswah, cakep artikelnya. Izin buat jadi bahan referensi tugas akhir yah. thx:)
BalasHapusMAS KALO SKCK POLSEK DIPAKE UNTUK MASUKIN LOWONGAN MASINIS BISA MAS ??
BalasHapusMasih Bingung Bossku Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ???
BalasHapusIngin Kemenangan langsung dibayar secepat kilat , Tanpa Ribet ?
JACKPOT langsung dibayar secepat kilat
Ayo Langsung saja Yuk Gabung d website kami
Dengan Server IDNPLAY Situs Taruhan Judi poker RECOMMENDED Banget Nii Guys ^_^ !!!
Paling Aman & Terpercaya Di Indonesia
MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )
Daftar & Gabung Bersama Kami Sekarang Juga di MEJAONLINE
Dapatkan Promo Bonus Dari Kami :
1. BONUS DEPOSIT NEW MEMBER UP TO Rp. 50,000
2. BONUS ROLLINGAN 0.4 % SETIAP HARI SENIN
3. BONUS REFFERAL 20 % SETIAP HARI KAMIS
Tunggu apalagi boss? AYO DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG !
Link Resmi :
MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )
^_^ DI TUNGGU KEHADIRANNYA ^_^
📲 WA : +85516798223
Poker Online Tercepat
Poker Online Terbaik
Ceme Online
Domino QQ
Poker Online Indonesia