Hallo Silent Rider :D
Kali ini kita akan membahas tentang Lokomotif C 300 :D
Selamat membaca :D
Kali ini kita akan membahas tentang Lokomotif C 300 :D
Selamat membaca :D
Lokomotif C 300
Lokomotif C300 adalah lokomotif diesel tipe hidrolik yang dibeli dari pabrik Karl Marx (Jerman) dan mulai didinaskan pada tahun 1957. Lokomotif ini didatangkan oleh DKA (Djawatan Kereta Api) sebanyak 20 unit pada tahun 1957.
Lokomotif ini digunakan untuk dinas langsir gerbong barang atau kereta penumpang. Lokomotif C300 berada di dipo lokomotif Tanah Abang. Lokomotif C300 berperan besar dalam mendukung pembangunan stadion Gelora Bung Karno (Senayan, Jakarta) pada tahun
1958 – 1962. Lokomotif C300 digunakan untuk menarik 10 gerbong barang yang berisi pasir dan batu koral dari tepi sungai
Cisadane (saat itu terdapat jalan rel dari tepi sungai Cisadane ke stasiun Serpong) ke stasiun Palmerah.
Lokomotif C300 juga digunakan untuk dinas langsir gerbong barang yang berisi kayu jati di stasiun Klender. Gerbong barang berisi kayu jati tersebut dikirim dari stasiun Cepu (Jawa Timur) atau dari stasiun Kedungjati (Jawa Tengah) ke stasiun Klender (Jakarta). Saat itu, daerah Klender merupakan sentra pembuatan dan penjualan furniture dari kayu.
Lokomotif C300 juga digunakan untuk dinas langsir gerbong barang yang berisi semen atau beras dan gerbong barang yang berisi hewan ternak sapi di stasiun Cipinang (Jakarta). Gerbong barang berisi hewan ternak sapi dikirim dari stasiun
Kandangan (Jawa Timur) atau dari stasiun Surabaya Kalimas (Jawa Timur).
Untuk spesifikasi teknis mesin, motor dieselnya bertipe Maybach Mercedes Benz (MB) 836 B, berat 30 ton, daya 330 HP (horse power) dan dapat mencapai
kecepatan maksimum 30 km/jam serta menggunakan transmisi hidrolik Voith L 203 u. Lokomotif ini memiliki gandar tipe C artinya memiliki 3 roda penggerak yang
dihubungkan menjadi satu poros.
Lokomotif ini digunakan untuk dinas langsir gerbong barang atau kereta penumpang. Lokomotif C300 berada di dipo lokomotif Tanah Abang. Lokomotif C300 berperan besar dalam mendukung pembangunan stadion Gelora Bung Karno (Senayan, Jakarta) pada tahun
1958 – 1962. Lokomotif C300 digunakan untuk menarik 10 gerbong barang yang berisi pasir dan batu koral dari tepi sungai
Cisadane (saat itu terdapat jalan rel dari tepi sungai Cisadane ke stasiun Serpong) ke stasiun Palmerah.
Lokomotif C300 juga digunakan untuk dinas langsir gerbong barang yang berisi kayu jati di stasiun Klender. Gerbong barang berisi kayu jati tersebut dikirim dari stasiun Cepu (Jawa Timur) atau dari stasiun Kedungjati (Jawa Tengah) ke stasiun Klender (Jakarta). Saat itu, daerah Klender merupakan sentra pembuatan dan penjualan furniture dari kayu.
Lokomotif C300 juga digunakan untuk dinas langsir gerbong barang yang berisi semen atau beras dan gerbong barang yang berisi hewan ternak sapi di stasiun Cipinang (Jakarta). Gerbong barang berisi hewan ternak sapi dikirim dari stasiun
Kandangan (Jawa Timur) atau dari stasiun Surabaya Kalimas (Jawa Timur).
Untuk spesifikasi teknis mesin, motor dieselnya bertipe Maybach Mercedes Benz (MB) 836 B, berat 30 ton, daya 330 HP (horse power) dan dapat mencapai
kecepatan maksimum 30 km/jam serta menggunakan transmisi hidrolik Voith L 203 u. Lokomotif ini memiliki gandar tipe C artinya memiliki 3 roda penggerak yang
dihubungkan menjadi satu poros.
Karena tidak tersedianya suku cadang, lokomotif C300 harus mengakhiri masa tugasnya pada tahun 2005. Dari 6 unit lokomotif C300, saat ini hanya tersisa 5
unit lokomotif C300. 2 unit C300 berada di Museum Transportasi (Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta) dan 3 unit C300 berada di dipo lokomotif Tanah Abang.
C300 11, C300 12 berada di Museum Transportasi (Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta) sedangkan C300 01, C300 04, C300 20 berada di dipo lokomotif
Tanah Abang. Saat ini tidak ada satupun lokomotif C300 yang masih dapat dioperasionalkan.
unit lokomotif C300. 2 unit C300 berada di Museum Transportasi (Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta) dan 3 unit C300 berada di dipo lokomotif Tanah Abang.
C300 11, C300 12 berada di Museum Transportasi (Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta) sedangkan C300 01, C300 04, C300 20 berada di dipo lokomotif
Tanah Abang. Saat ini tidak ada satupun lokomotif C300 yang masih dapat dioperasionalkan.
* Data Lokomotif
- Sumber tenaga : Diesel hidraulik
- Perusahaan pembuat : Karl Marx (Jerman)
- Model : KM V30C
* Data teknis
- Susunan roda AAR : C
- Klasifikasi UIC Roda : C'
* Dimensi
- Lebar sepur : 1.067 mm
- Panjang body : 7.100 mm
- Lebar body : 2.920 mm
* Berat
- Berat kosong : 28 ton
- Motor traksi : 1 buah
* Transmisi dan kinerja
- Kecepatan maksimum : 30 km/jam
- Daya mesin : 330 HP
- Sumber tenaga : Diesel hidraulik
- Perusahaan pembuat : Karl Marx (Jerman)
- Model : KM V30C
* Data teknis
- Susunan roda AAR : C
- Klasifikasi UIC Roda : C'
* Dimensi
- Lebar sepur : 1.067 mm
- Panjang body : 7.100 mm
- Lebar body : 2.920 mm
* Berat
- Berat kosong : 28 ton
- Motor traksi : 1 buah
* Transmisi dan kinerja
- Kecepatan maksimum : 30 km/jam
- Daya mesin : 330 HP
Sekian posting an kali ini
Sampai jumpa di posting an selanjutnya :)
Terima kasih telah mengunjungi kami
Selamat beraktivitas kembali :)
Sampai jumpa di posting an selanjutnya :)
Terima kasih telah mengunjungi kami
Selamat beraktivitas kembali :)
Sumber gambar :
- heritage.kereta-api.co.id/?p=1504
- heritage.kereta-api.co.id/?p=1504
Tidak ada komentar:
Posting Komentar