kanan bawah

Widget Animasi

Sabtu, 20 September 2014

Kereta Api

Maaf lama vacum dari dunia Blogger :D
Kita akan membahas Kereta api....
Mungkin anda pernah mendengar kata kereta api
Di lagu anak-anak pun ada sebuah lagu yang tentang kereta api
Ya...
KA Argo Bromo Anggrek Go Green
Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, dan mereka yang tinggal di
Ibu Kota Jakarta dan kota-kota besar di Jawa seperti Surabaya dan Bandung. Kereta api bukan hanya alternatif pilihan
transportasi rakyat yang murah, tetapi juga bebas dari kemacetan jalan raya yang semakin membuat sakit kepala. Di masa kini, kereta api bukan hanya
pilihan bagi mereka yang berekonomi menengah ke bawah, tetapi juga menjadi gaya hidup mereka yang "berduit" tetapi mencari kepraktisan serta kenyamanan untuk mencapai tempat tujuan. Meski demikian, tidak banyak yang tahu jika sejarah perkeretaapian memiliki
sejarah yang sangat panjang di
Indonesia.
Dalam pengertiannya sesuai Surat Keputusan Menteri :
Kereta Api (KA) adalah sarana
perkeretaapian dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana perkeretaapian lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak dijalan rel yang terkait dengan perjalanan Kereta Api. (PERMENHUB no: KM 45 thn 2010 pasal 1 ayat 2)
Lokomotif CC 206
LOKOMOTIF adalah sarana perkeretaapian yang memiliki penggerak sendiri yang bergerak dan digunakan untuk menarik
dan/atau mendorong kereta,gerbong, dan/atau peralatan khusus. (PERMENHUB no: KM 45 thn 2010 pasal 1 ayat 5)
Kereta

KERETA adalah sarana perkeretaapian yang ditarik lokomotif atau mempunyai penggerak sendiri yang digunakan untuk mengangkut orang/penumpang. (PERMENHUB no: KM 45 thn 2010 pasal 1 ayat 6)
Gerbong

GERBONG adalah sarana perkeretaapian yang ditarik lokomotif yang digunakan untuk mengangkut barang/kargo. (PERMENHUB no: KM 45 thn 2010 pasal 1 ayat 7)
Di dalam dunia perkereta api an terdapat kereta yang memiliki mesin untuk bergerak sendiri, yang bernama
KRD(Kereta Rel Diesel)
Kereta Rel Diesel

Ada juga yang bergerak dengan media listrik dari LAA(Listrik Aliran Atas) seperti KRL (Kereta Rel Listrik) di Jakarta.
Kereta Rel Listrik
Ada juga
Kereta Inspeksi (KAIS)
Kereta Inspeksi sebelum kecelakaan
Yang digunakan buat para pejabat untuk menginspeksi / memeriksa suatu daerah
PT. Kereta api dengan kereta.
Sejarah perkereta apian di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh
Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.
Keberhasilan swasta, NV. NISM
membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk
membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh dengan pesat. Kalau tahun 1867
baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.
Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun
1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros
belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok,
pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.
Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya
berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk
pembangunan jalan KA di sana.
Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota.
Jalan rel yang dibongkar semasa
pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan
Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi
yang seadanya, jalan KA Muaro -
Pekanbaru diprogramkan selesai
pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan,
serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.
Setelah kemerdekaan Indonesia
diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an
perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan
pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa
Indonesia. Orang Jepang tidak
diperbolehkan campur tangan lagi urusanperkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September
1945 sebagai Hari Kereta Api di
Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).
-Susunan rangkaian
Susunan rangkaian kereta api berlokomotif, kita ambil contoh
KA Argo Jati

KA Argo Jati GMR-CN :
1. Lokomotif
2. Kereta Pembangkit
3. Kereta Eksekutif 1
4. Kereta Eksekutif 2
5. Kereta Eksekutif 3
6. Kereta Makan 1
7. Kereta Eksekutif 4
8. Kereta Eksekutif 5
9. Bagasi
Lokomotif adalah sumber tenaga dari rangkaian kereta api itu sendiri. Jenis lokomotif ada bermacam-macam seperti CC 201, CC 202, CC 203, CC 204, CC 205, CC 206 dan bahkan lokomotif asli Indonesia CC 300.
Kereta Pembangkit

Pembangkit (P1, P2, P3) adalah kereta yang di gunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik selama perjalanan yang di butuhkan para penumpang.
Eksekutif 1 - Eksekutif 5 yang dimaksud dengan eksekutif adalah kelas kereta tersebut. Dan angka 1 - 5 itu berarti nomer keretanya. Jadi di sinilah para penumpang duduk dalam perjalanan KA tersebut.
Kereta Makan

Kereta Makan (MP1, MP2, M1, KM1, KMP3) adalah kereta yang di gunakan untuk para penumpang memesan dan membeli makanan selama dalam
perjalanan kereta api.
Bagasi

Gerbong Bagasi adalah gerbong yang barang / bawaan sebanyak 20kg / lebih yang harus ditaruh di gerbong tersebut.
- Kelas kereta api
Kelas kereta api umumnya di bagi 3, kelas kereta adalah tingkat fasilitas kereta api yang didapat berdasarkan biaya yang kita bayar.
Kereta Eksekutif

Kelas Eksekutif & Argo (K1): Kelas ini biasanya untuk orang - orang elite, eksterior biasa berwarna putih abu abu garis oranye. Fasilitas eksekutif juga banyak seperti Ac, pintu otomatis (terkadang), Prami yang cantik
juga, makanan yang enak, stop kontak untuk mencharge hp dan laptop, harganya pun tak murah.
Kereta Bisnis

Kelas Bisnis (K2): Kelas ini biasa digunakan oleh golongan elite yang lagi hemat duit, dan
golongan bawah yang banyak duit atau golongan standar lah. Eksteriornya berwarna putih biru garis oranye hijau. Untuk fasilitas hampir menyamai kelas eksekutif. Fasilitas yang ada seperti AC, kursi yang empuk, harga makanannya sedikit lebih murah dibanding kelas eksekutif.
Kereta Ekonomi AC livery Biru


Kereta Ekonomi AC livery Kuning

Kelas Ekonomi AC (K3): Kelas ini adalah kelas yang akan digunakan untuk meremajakan Kelas Bisnis yang ada saat ini. Fasilitas hampir sama dengan kelas Bisnis tapi kekurangan terletak di kursi penumpang yang terlalu sempit. Kereta ini menggunakan kereta buatan Indonesia yaitu INKA yang masih baru dan bercorak biru putih Dan kuning.
Kereta Ekonomi AC Split

Kelas Ekonomi (K3): Kelas ini biasanya untuk golongan bawah, eksteriornya berwarna oranye
biru garis oranye kuning. Harganya sangat murah. Fasilitasnya pun cukup terjangkau contohnya AC (sebagian besar), kursi sesuai tiket, namun ruang gerak yang sempit dan kursi yang tegak.Harga pun sangat murah.
Terima kasih telah mengunjungi kami.
Selamat beraktivitas kembali :)
Referensi :
www.faizardianordz.blogspot.com.es/2011/08/panduan-railfans-pemula-episode-1_31.html?m=1
www.facebook.com/aditya.dalangesepoer?stype=ms&s=100003544183687&_rdr
www.kereta-api.co.id/
Sumber gambar :
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=806219109409934&id=100000655565814&set=a.433455330019649.100215.100000655565814
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1451046525162855&id=100007725639869&set=t.100005572621417&source=42&refid=17
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=286629068199512&id=100005572621417&set=a.114795962049491.1073741829.100005572621417&_rdr#286676528194766
- aryasaloka.blogspot.com/2012/07/tes-run-k3-ac-split.html?m=1
- dipomojosari.blogspot.com/2014/08/rangkaian-ka-bangunkarta-cohanger-hitam.html?m=1
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1464420393820566&id=100007578585854&set=pcb.1464420443820561&source=49&refid=17&_ft_=app_id.350685531728
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1468093970124777&id=100007725639869&set=pcb.1468094143458093&source=48&refid=52&fbt_id=1468093970124777&lul&_rdr#s_8f35f3f79edaabf089a1464066116da8
- semboyan35.com/showthread.php?tid=4088&page=102
- www.railway.web.id/2014/07/kecelakaan-kais-sindoro-dan-semeru-di.html?m=1
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1501111653461558&id=100006882128439&set=a.1447976415441749.1073741828.100006882128439&_rdr#1501760593396664
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1464420420487230&id=100007578585854&set=a.1458438441085428.1073741828.100007578585854&lul&_rdr
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=743322639067513&id=100001693523043&set=a.724766154256495.1073741847.100001693523043
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=289916217870797&id=100005572621417&set=a.114795962049491.1073741829.100005572621417&refid=17&_ft_=app_id.0&__tn__=E
- www.semboyan35.com/showthread.php?tid=2967&pid=413580#pid413580
- m.kaskus.co.id/post/534262f7f8ca17fa438b45cf
https://m.facebook.com/photo.php?fbid=806219109409934&id=100000655565814&set=a.433455330019649.100215.100000655565814
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1451046525162855&id=100007725639869&set=t.100005572621417&source=42&refid=17
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=286629068199512&id=100005572621417&set=a.114795962049491.1073741829.100005572621417&_rdr#286676528194766
- aryasaloka.blogspot.com/2012/07/tes-run-k3-ac-split.html?m=1
- dipomojosari.blogspot.com/2014/08/rangkaian-ka-bangunkarta-cohanger-hitam.html?m=1
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1464420393820566&id=100007578585854&set=pcb.1464420443820561&source=49&refid=17&_ft_=app_id.350685531728
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1468093970124777&id=100007725639869&set=pcb.1468094143458093&source=48&refid=52&fbt_id=1468093970124777&lul&_rdr#s_8f35f3f79edaabf089a1464066116da8
- semboyan35.com/showthread.php?tid=4088&page=102
- www.railway.web.id/2014/07/kecelakaan-kais-sindoro-dan-semeru-di.html?m=1
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1501111653461558&id=100006882128439&set=a.1447976415441749.1073741828.100006882128439&_rdr#1501760593396664
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1464420420487230&id=100007578585854&set=a.1458438441085428.1073741828.100007578585854&lul&_rdr
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=743322639067513&id=100001693523043&set=a.724766154256495.1073741847.100001693523043
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=289916217870797&id=100005572621417&set=a.114795962049491.1073741829.100005572621417&re- https://m.facebook.com/hafizd.BRT?refid=46&sld=eyJzZWFyY2hfc2lkIjoiNDMwZDhjMzkyNmQwNDdkZjdmMjJiZmUwYzUxNmQwOWQiLCJxdWVyeSI6ImhhZml6ZCIsInNlYXJjaF90eXBlIjoiU2VhcmNoIiwic2VxdWVuY2VfaWQiOjE5MjMzODE2MTgsInBhZ2VfbnVtYmVyIjoxLCJmaWx0ZXJfdHlwZSI6IlNlYXJjaCIsImVudF9pZCI6MTAwMDAwOTk3NjM2MDUxLCJwb3NpdGlvbiI6MCwicmVzdWx0X3R5cGUiOjIwNDh9&fref=search 
- https://m.facebook.com/photo.php?fbid=289916217870797&id=100005572621417&set=a.114795962049491.1073741829.100005572621417

Tidak ada komentar:

Posting Komentar